Jumat, 04 November 2011

Hisab Hari Raya dan Ramadlan Tahun 2000 sampai 2100 Versi Madzhab Al-Excel-Liyah

Mendekati Hari Raya Idul Adha 1432 H yang akan berlangsung tanggal 6 Nopember 2011 besok, dan perdebatan sengit tentang penetapan Hari Raya Idul Fitri yang sudah berlalu, terbersit pikiran dalam benak saya untuk membuat hisab sendiri yang berkiblat pada perhitungan Microsoft Excel (Al-BillGatiyah). 
Perhitungan atau hisab ini bukan untuk menambah perdebatan tentang penetapan hari raya, namun hanya sekedar buat guyonan dan belajar yang memang tidak bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya. Hisab versi Excel ini tidak merujuk ke kitab-kitab hisab standar, tidak juga merujuk ke perhitungan astronomis yang bagi orang awam seperti saya sulit dipahami.
Apa yang saya tulis, murni menggunakan kalkulasi yang memang built-in Ms Excel. 
Sekali lagi, hasil perhitungan yang saya lampirkan dalam tulisan ini TIDAK DAPAT DIJADIKAN PEDOMAN untuk menetapkan Hari Raya dan ramadlan. Ini hanya dimaksudkan untuk menambah pengetahuan saya khususnya tentang bagaimana Excel memperlakukan Date (tanggal) termasuk tanggal hijriyah.
Oke, langsung saja ke pokok masalah.
Untuk menampilkan sebuah tanggal dalam format hijriyah, maka kita format sel yang berisi tanggal dengan "b2dd mmm yyyy".
Misalnya di sel A1, kita tulis 11/6/2011 (06 Nopember 2011), terus kita klik kanan, format cell, pilih tab Number, Custom, Tuliskan "b2dd mmm yyy". OK
Selesai, yang tampakdi layar adalah tanggal 1432/ذو الحجة/10
Lengkapnya untuk tahun 2000 sampai 2100 dapat didwnload di sini atau di BoxNet pada sidebar di samping.



Artikel Terkait:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hehehe, ada-ada saja. Aliran al-excel-liyah...!