Sabtu, 29 Oktober 2011

Menyiasati Rangking Ganda


Bila kita perhatikan, rangking atau peringkat dalam tabel di atas, banyak yang kembar. Untuk menyiasati agar tidak kembar, maka rumus di E3 adalah :
=RANK(D3,$D$3:$D$13,0)+COUNTIF($D$2:D2,D3)
Sehingga tampilan akhir adalah :

Kamis, 27 Oktober 2011

Membuat Kartu Ujian Semester Menggunakan Excel


Minggu kedua bulan Desember 2011, hampir semua sekolah mengadakan Ujian Akhir Semester Ganjil. Tugas panitia akan sedikit sibuk dalam menyiapkan ujian tersebut. Salah satu tugas yang cukup menyita waktu adalah membuat KARTU PESERTA UJIAN. 


Tulisan kali ini adalah tentang membuat Kartu Ujian Otomatis dengan menggunakan Microsoft Excel.

Menggunakan 3D Formula untuk Beberapa Worksheet

Sangat sering kita membuat beberapa worksheet yang susunannya sama. Biasanya laporan bulanan, mingguan atau berdasarkan kelas. Misalnya kita mempunyai workbook seperti ini:
Untuk menjumlah total gaji semua bulan (sel G22) , cara yang biasa kita gunakan adalah memasukkan rumus :
=Jan!G21+Peb!21+Mar!G21 .... dst.


Nah, Excel menyediakan fasilitas untuk memudahkan penjumlahan sebagaimana di atas dengan syntax :
=SUM(Sheet1:Sheetn!G21)
Jadi, kalau kita terapkan untuk kasus di atas, maka rumus di sel G22 Sheet TOTAL adalah:
=SUM(Jan:Des!G21)  
(dengan asumsi bahwa jumlah gaji tiap bulan ada di sel G21).


Tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Demikian tips hari ini, selamat pagi, siang, sore, petang, malam...!

Rabu, 26 Oktober 2011

Menampilkan Hari dan Bulan dalam Format Bahasa Indonesia di Excel (dan Tanggal Hijriyah juga)


Ada yang bertanya ke saya
Kompiq tersetting English. Bisakah menampilkan hari dan bulan dari data berformat Date dalam bentuk Bahasa Indonesia. Misal : Sunday, 23 October 2011 menjadi Minggu, 23 Oktober 2011?


Jawaban saya: BISA......


Nah, postingan kali ini membahas cara menampilkan format tanggal (Date) dalam Bahasa Indonesia tanpa mempedulikan setting regional komputer.

Selasa, 25 Oktober 2011

Menuliskan Nol di depan Angka (Untuk Nomor Induk atau HP)

Kadangkala, kita terpaksa menuliskan 0 (nol) di depan angka, misalnya 01, 012, 0817090000. Kalau kita tulis di sebuah sel, maka setelah ditulis, angka nol-nya menjadi hilang. Nah, kemana kita mencarinya ya? hehehehe

Agar angka nol-nya tampak, ada dua cara (setidaknya yang penulis ketahui) :

Cara Pertama :
Kita jadikan angka yang kita tulis menjadi TEKS, dengan cara menuliskan apostrop (') sebelum angka nol. Toh nantinya, tanda apostrop tersebut tidak akan tampil jika dicetak.

Cara Kedua

  • Klik sel yang akan ditampilkan nol-nya. 
  • Klik kanan, pilih Format Cell.
  • Pada Tab Number, Pilih kategori Custom.
  • Pada bagian Type, ubah tulisan 'General' menjadi 00000. Jumlah digit nol yang ditulis disesuaikan. Jika kita ingin menuliskan 0034, maka kita tulis 0000. Jika kita ingin 08170991, maka kita tulis 00000000.
  • OK.


Oke deh, sekian dulu

Membuat Name Range Dinamis


Apalah arti sebuah nama?
Di Excel, nama sangat berarti. Mari kita lihat penampakan berikut.

Misal kita ingin mengisi nilai Fiqih dari Nama Awaluddin pada sel L7, maka rumus yang biasa kita tulis adalah : =VLOOKUP(L$4,B5:H9,3)
Kalau sebelumnya kita buat nama range untuk B5:H9 dengan nama “DataNilai”, maka rumusnya menjadi : =VLOOKUP(L$4,DataNilai,3). Rumus seperti ini tentunya lebih “manusiawi”, artinya lebih bisa dipahami oleh kita yang membaca rumus tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuat nama range?


Scanning Jawaban Pilihan Ganda Pake Excel


Sebagai guru, saya seringkali mengadakan ujian bagi siswa dan siswi. Nah, pekerjaan tambahan kalau lagi musim ujian adalah mengkoreksi pekerjaan siswa. 
Kali ini saya ingin membagi pengalaman koreksi pilihan ganda dengan Excel (semacam scanning LJK), tapi jawaban siswa kita masukkan secara manual. Sangat cocok untuk digunakan sebagai analisis butir soal nantinya.
Misal kita buat seperti gambar di bawah ini:

Senin, 24 Oktober 2011

Menghilangkan Sisa Kolom dan Baris yang tidak terpakai

Lihat tampilan sheet di atas. Kolom setelah H dan baris setelah 13 hilang, bak ditelan bumi. Kemana larinya ya? Gimana bikinnya?
Trik singkat ini menggambarkan cara membuat sheet seperti di atas, yakni MENGHILANGKAN (tepatnya menyembunyikan) sisa kolom dan baris yang tidak terpakai.


Misal data yang kita buat ada di sel A1:H13. Sehingga kita akan menyembunyikan kolom I sampai XFD serta baris 14 sampai baris 1.048.576. Kita mulai terlabih dahulu menyembunyikan kolom.

Mudahnya Membuat Kalender di Excel


Membuat Kalender sendiri? Apa untungnya? di pojok kanan bawah komputer kita kan udah ada? di dinding rumah kita juga sudah ada. Tapi kalau kita bisa membuat sendiri di Excel, kan lebih keren....!


Awalnya saya sendiri membayangkan begitu rumitnya rumus-rumus yang harus kita buat untuk membuat Kalender yang bisa digunakan untuk semua tahun. Setelah mencari di sana-sini, ternyata saya tahu begitu mudahnya membuat kalender elastis yang bisa menampilkan tanggal mulai tahun 1900 sampai tahun 9999.


Yuk, kita coba buat

Modifikasi sel berdasarkan kriteria


Tulisan ini ditujukan bagi pemula dalam belajar Microsoft Excel, sehingga bagi yang merasa sudah merasa mahir, DILARANG KERAS membacanya.

Dalam melakukan pekerjaan perkantoran, seringkali kita ingin memberi warna tertentu pada sebuah sel dengan kriteria tertentu. Kriterianya misalnya, sel masih kosong, nilai sel kurang dari nilai tertentu, dan lain-lain. Berikut ini cara memodifikasi sel dengan kriteria yang bisa kita buat sendiri.

Lihat tabel berikut:
Perhatikan cel D6 sampai D8. Sel tersebut berwarna kuning. Namun ketika sel-sel tersebut kita isi data, maka warnanya akan seperti biasa: No Color. Jadi dalam kasus ini, kita ingin mengeset sel yang masih kosong dengan warna kuning, sedang yang sudah ada isinya tidak berwarna. Bagaimana caranya?