Jumat, 02 Maret 2012

Menikmati Indahnya Permainan Catur di Excel

Anda suka bermain Catur? Kalau jawabnya ya, berarti Anda sama dengan saya. Kapan-kapan kita main ya...!! Sekarang sudah banyak game-game catur yang dapat kita mainkan secara gratis. Bahkan Windows 7 sudah dibekali dengan game bernama Chess Titans. Alangkah serunya bermain catur. 


Akan lebih sensasional lagi jika menikmati permainan catur di lembar kerja Microsoft Excel. Emang bisa? 
Bagi orang-orang yang otaknya nyampe', urusan menghadirkan permainan catur di Excel bukanlah hal yang mustahil. Dengan berbekal teknik membuat diagram (Charting) tingkat tinggi, Daniel Ferry di situs excelhero.com menampilkan kemampuannya untuk menampilkan permainan catur di lembar kerja Excel (Chess Viewer) tanpa menggunakan Macro.


Berikut tampilan awal dari Chess Viewer karya Daniel:




Dan berikut tampilan setelah saya memainkan beberapa langkah:




Benar-benar luar biasa. Teknik charting yang digunakan sungguh menakjubkan. Hanya dengan klik Scroll Bar, maka kita bisa memainkan catur secara langsung di sheet.
Namun, langkah-langkah dan notasi dari permainan ini, tidak bisa kita ubah, sudah diatur dari sono. Karena ini hanya Chess Viewer, bukan aplikasi untuk bermain catur. 


Oke, File Chess Viewer ini bisa didownload secara gratis di sumber aslinya di sini

Untuk Game Catur yang sesungguhnya, kita bisa jalan jalan di link ini. Dan untuk game-game populer yang dibuat dan bisa dimainkan di Excel, bisa didapatkan di sini.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar: